Cara Merawat Anjing Chow Chow Hewan Peliharaan Pendiam

Anjing Chow Chow dikenal hewan pendiam dan senang berada di tempat yang tenang. Mereka menikmati hari secara mandiri, penyendiri dan cenderung memiliki tempat dingin untuk menghindari suhu panas.Hewan peliharaan yang berasal dari Tiongkok ini, memiliki warna mantel bulu yang beragam. Pola umum yang sering terlihat seperti kecoklatan, krem, merah, kebiruan, kekuningan, hingga hitam.

Cara Merawat Anjing Chow Chow Secara Harian


Chow Chow memiliki berat badan rata-rata 20-35 kg dengan tinggi sekitar 45-60 cm untuk usia dewasa. Chow chow masuk kelompok anjing Non-Sporting yang memiliki tubuh besar dan gempal, terbagi dua jenis berdasarkan bulunya, yakni bulu halus dan kasar.

Cara merawat anjing Chow chow yang bisa Anda lakukan agar mereka bahagia dan sehat, beberapa diantaranya pola makan seimbang, menjalankan waktu olahraga secara teratur, menggosok gigi dan menjaga kesehatan mantel bulu.

Penyebab anjing Chow chow perlu perawatan rutin

Penyebab anjing chow chow perlu perawatan

Kepribadian hewan peliharaan Chow chow mudah tidur sepanjang hari jika tidak mempunyai kegiatan yang dapat dilakukannya. Dengan energi yang tidak terlalu besar untuk disalurkan, ia sangat jarang berperilaku menggaruk tanah ketika bermain di halaman berlapis tanah.

Cara perawatan anjing Chow chow memerlukan waktu sekitar 20 menit dalam sehari, bermain dan olahraga. Jika majikan tidak aktif mendorong mereka melakukan kegiatan tersebut, hewan peliharaan ini memilih menyendiri.

Secara keseluruhan Chow chow adalah ras peliharaan yang membawa naluri melindungi keluarga sangat kuat. Cara mengenalkan mereka kepada hewan lain dan anggota keluarga dengan waktu bersosialisasi sejak kecil, terutama untuk anak-anak.

Chow chow memiliki sifat kurang senang bersosialisasi sehingga tidak begitu rewel untuk keluar rumah. Kurangnya pengenalan lingkungan dan situasi di sekitar tempat tinggal mereka, sangat mudah membuat mereka untuk menggonggong memberi peringatan tentang sesuatu yang aneh dalam penilaian mereka.

Ciri dan Karakter Chow Chow


  1. Memiliki mantel bulu pendek hingga sedang
  2. Karakter bulu terdiri dua bagian (ganda) dengan pola lurus
  3. Warna mantel umum merah, biru, cokelat, krem, hitam
  4. Memerlukan waktu lebih dalam perawatan
  5. Mempunyai kebiasaan tidur skala sedang dan tinggi
  6. Tampilan kaku lurus sehingga terlihat kaku saat berjalan.

Kepribadian Chow chow

Perilaku dan kepribadian anjing

  1. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
  2. Pada kondisi - waktu tertentu, bisa keras kepala
  3. Bertanggung jawab menjaga wilayah teritorial
  4. Tingkat loyalitas, kepatuhan dan jinak sangat baik dengan majikan
  5. Memiliki sikap waspada terhadap orang asing dan hewan lain yang tidak dikenal
  6. Kurang cocok berlama-lama di suhu panas.

Cara Merawat Bulu Anjing Chow Chow


Karakteristik mantel bulu mereka secara keseluruhan tidak memerlukan perawatan merepotkan majikan. Cara perawatan anjing
sebagai hewan peliharaan tersebut hanya perlu beberapa perhatian lebih pada jadwal teratur untuk merawat kesehatannya.

Cara merawat bulu anjing Chow chow terjaga baik, yakni menyisir dan memandikan pada waktu yang tepat. Ini membuat warna bulu mereka tidak kusam, rontok dan tampilan kilau dapat dipertahankan. Memulai cara merawat bulu mereka sangat baik dilakukan sejak usia kecil setelah memasuki minggu ke 6.

Cara Memandikan anjing Chow chow


Cara perawatan anjing saat akan memandikan Chow chow membutuhkan keterampilan dasar agar kegiatan tersebut nyaman dan menyenangkan. Hewan peliharaan ini minimal sebulan sekali dapat dimandikan menggunakan shampo anjing. Beberapa ras ini, terkadang sering dimandikan sekitar seminggu sekali jika dipilih sebagai ras perlombaan atau kompetisi khusus anjing.

Cara memotong kuku anjing Chow chow

Cara memandikan dan memotong kuku anjing

Memotong kuku harus dilakukan setiap minggu atau dua minggu, pertumbuhan kuku hewan peliharaan ini cukup cepat. Cara perawatan anjing pada kuku kaki hewan yang panjang sangat perlu dan dibiarkan terus bertumbuh, akan melukai kulit kaki dan itu mengakibatkan mereka menjadi tidak nyaman berjalan.

Waktu terbaik potong kuku yang disarankan setelah selesai mandi, karena struktur kuku sedang lembut.

Cara merawat anjing yang baik adalah mengetahui prosedurnya, jika Anda belum pernah melakukannya, sebaiknya mengerjakan dengan kehati-hatian supaya tidak terlalu dalam sehingga menimbulkan luka.

Anda bisa meminta bantuan dokter hewan, pemilik lain atau peternak anjing mengajarkan bagaimana melakukan hal tersebut, sehingga mengetahui cara perawatan anjing secara mandiri.


Sama seperti manusia juga, jika kuku mereka secara tidak sengaja terkena akibat terlalu pendek, maka menyebabkan kulit berdarah.

Tidak ada anjing yang senang memotong kuku secara sukarela dan beri pengalaman yang menyenangkan untuk mereka. Cara merawat kuku tersebut dapat Anda kombinasikan dengan hadiah camilan dan pujian jika peliharaan bersikap kooperatif. Dengan latihan, ia akan berperilaku lebih baik dan Anda akan menjadi lebih cepat dan lebih efisien.

Cara perawatan anjing Chows yang memiliki kaki padat seperti kucing agak berbeda dengan trah anjing lain. Majikan perlu menjaga kuku tetap pendek dan merapikan rambut di bawah kaki, sela antara jari kaki serta sekitar bagian luar kaki. Rambut yang terlalu banyak dan kuku yang panjang dapat menyebabkan terpeleset saat berjalan permukaan halus.

Sejarah Chow chow

Chow chow memiliki sejarah hewan paling kuno berasal dari Tiongkok. Mereka sudah bersama masyarakat sejak ribuan tahun membantu melakukan beberapa tugas. Kehidupan nenek moyang anjing Chow chow sebagian memudahkan pekerjaan berat, seperti penarik kereta, mencari hewan lain di hutan, dan penjaga ternak.

Masyarakat mulai mengenal ras Chow chow saat pertama kali domestikasi anjing dilakukan, mereka termasuk ras anjing Asia Timur yang dianggap model patung batu singa yang sering terlihat menjaga kuil. Umumnya trah anjing asli dari Asia Timur masih berkaitan dengan serigala abu-abu, seperti pada ras lainnya Akita dan Shiba Inu.

Asal - usul anjing peliharaan di Asia Timur terjadi sekitar 33.000 tahun yang lalu, diikuti penyebaran global anjing dari Asia Tenggara selatan sekitar 15.000 tahun yang lalu. Ini memunculkan populasi anjing domestik dengan gradien keturunan yang mulai menjauh dari genetik serigala abu-abu.

Sumber gambar: Pxhere.com, Pixabay.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisakah Clip Studio Paint Untuk HP / Android?

Cara Membuat Gradasi Palet Warna di Adobe Illustrator

Cara Terbaik Menggunakan Bucket Fill Tool dan Magic Wand Tool Clip Paint Studio